WHAT'S NEW?
Loading...

Seputar Bisnis


Studi Michael E. Gerber dalam bukunya berjudul E-Myth menyebutkan bahwa 80% bisnis mati pada tahun pertama perjalanannya dan 80% dari yang tersisa menyusul mati dalam 5 tahun.

Ini artinya bahwa dari 100 orang pebisnis baru, 5 tahun kemudian hanya 4 orang yang bertahan sementara 96 lainnya bangkrut.
Kenapa ini bisa terjadi, karena ada banyak faktor tentunya, tapi yang menjadi faktor paling utama adalah karena ketiadaan ILMU yang dimiliki oleh pebisnis pada umumnya sehingga tidak memiliki kontrol atas bisnis yang dijalaninya.


Sebagian besar pebisnis bahkan tidak memiliki laporan keuangan meski hanya laporan sederhana, sehingga kebanyakan pebisnis tidak tahu berapa sebenarnya marginnya, berapa hutangnya, berapa piutangnya, berapa perputaran persediaan barang dagangnya, berapa BEP nya, dll. Hal ini seperti ketika kita sedang mengendarai mobil, tapi tidak tahu berapa kecepatan atau berapa jumlah bensin yang ada di tangki mobil, karena tidak punya indikator atau alat yang menunjukkan BERAPA itu tadi. Eh tiba2 mobilnya kehabisan bensin dan mogok, atau lebih parah lagi mobil terlalu kencang karena kita tidak tahu berapa kecepatannya dan akhirnya nabrak.


Seringkali yang terjadi, dengan berbisnis kita ingin membangun kekayaan, yang terjadi sebaliknya, kita sedang
membangun kemiskinan, tapi kita tak sadar.

“90% Masalah dalam bisnis terjadi karena ketidak tahuan pemilik bisnis” ~ Fitra Jaya Saleh

0 komentar: